Kamis, 20 Juli 2017

Clodi (cloth diaper)
Hari ini Ibuk mau bagi-bagi info dikit soal clodi atau cloth diaper. Modifikasi popok kain yang bentuk dan performanya menyamai pospak atau popok sekali pakai. Jadi ceritanya si Haqqi ini tipe yang heavy wetter alias pipisnya banyak. Dalam sehari Ibuk harus sedia 7-8 pospak merk Go*.N (dapet review dari temen, dan ternyata paling cocok buat Haqqi, Insya Allah nanti dibahas soal pospak merk ini). Kebayang dong sebulan abis berapa duit buat beli pospak doang. Kalau dirata-ratain dengan harga pospak merk tersebut ukuran M, Ibuk butuh sekitar 300rb rupiah (weww). Akhirnya diputuskanlah untuk nyobain clodi dengan pertimbangan itung-itungan berikut,

Pakai pospak:
anggap butuh 7 pospak sehari dengan harga 1500 rupiah (rata-rata, kalau yang premium bisa sampai 2000 atau 2500)
7 (kebutuhan pospak harian) x 30 hari (kebutuhan per bulan) x 1500 rupiah (harga satuan) = 315rb/bulan
Kalau kasusnya Haqqi pakai sampai usia 2 tahun 
2 tahun x 12 bulan x 315rb/bulan = 7juta 560ribu rupiah

Pakai clodi:
anggap butuh clodi 7 per hari dan minimal punya 2x lipat (cuci hari ini pakai lagi besoknya) dengan tambahan sekitar 2 buah buat persediaan kalau kalau kurang berarti butuh 16 buah clodi
16 (kebutuhan clodi) x 73rb (harga clodi merk pemp*m) = 1jt 168rb rupiah
deterjen buat cuci harian butuh 2 pcs per bulan, Haqqi sekarang pakai Rin*o cair anti noda (pakai sle*k gak sanggup euy :p)
2 (kebutuhan deterjen per bulan) * 17rb (harga pasaran) = 34rb/bulan
kebutuhan 2 tahun
34rb/bulan x 12 bulan x 2 tahun = 816rb
Alhamdulillah di rumah pakai art, jadi aman kalau untuk masalah cuci mencuci.
Jadi totalnya = 1jt 168rb + 816rb = 1jt 984rb rupiah

Jadi diperoleh kesimpulan. dengan clodi Ibuk bisa hemat sekitar 5jt rupiah dalam 2 tahun.
Alasan lain pilih clodi ya karena sayang sama bumi. Denger-denger sisa pospak baru bisa terurai setelah 500 tahun. Kebayang sampah pospak Haqqi aja 7 biji per hari, kalau dipikir-pikir beneran gak ramah lingkungan. Alasan lainnya karena Ibuk sama Apak pengen punya anak 7 orang (Aamiin), mudah-mudahan clodinya awet jadi bisa dipakai adek-adeknya Haqqi nanti ^^. Alhamdulillah si Bibik udah lulus training cuci clodi yang aman.
Setelah survey di internet sampai pada kesimpulan bahwa paling aman cobain banyak merk dulu tapi beli nya satu-satu aja biar tau yang paling pas buat si bayik. Pertama beli Ibuk dapet olshop yang baik banget, bisa beli paket 3 buah clodi dengan merk berbeda dan dapat potongan harga (yang mau intip-intip olshopnya, ini Ibuk kasih linknya https://www.instagram.com/p/BWqg9U1AfC-/. Ibuk beli merk babyla*d, pemp*em sama G*. Pengen beli yang ecob*um karena review-nya menggoda, eh persedian yang tipe cover lagi kosong (clodi ada yang jenis pocket sama cover, nanti dipost lagi ya bedanya apa). Begitu paketan datang Ibuk langsung excited pengen nyobain, bodo amat harus pre-wash sendiri karena si Bibik lagi sakit yang penting bisa cepetan dicoba. Jadilah besoknya si Haqqi dicobain pakai clodi. Setelah nyobain 3 merk tersebut sampailah Ibuk pada kesimpulan bahwa si Haqqi paling cocok pakai yang merk pemp*m. Karena belum nyobain yang merk ecob*m jadi masih penasaran banget sama performanya, jadi masih nungguin ready stock lagi di olshopnya :)
Tungguin post selanjutnya ya, Ibuk mau ada review sedikit soal merk pemp*m, babyla*d sama G*.

0 komentar:

Posting Komentar